Cara Membuat Tape Singkong Paling Mudah (Homemade)

Ada banyak jenis makanan khas yang menjadi favorit banyak orang, salah satunya adalah tape dari singkong. Tape singkong adalah salah satu makanan khas Indonesia yang nikmat disajikan sebagai camilan. Tape singkong adalah produk makanan hasil fermentasi yang sebenarnya dapat Anda buat sendiri di rumah.

Jangan khawatir cara membuat tape singkong tidak lah sulit jika Anda sudah mengetahui caranya. Nah, bagi yang penasaran bagaimana caranya, berikut adalah ulasan mengenai cara membuat makanan fermentasi ini termasuk bahan dan alat yang harus disiapkan untuk membuatnya. Selamat menyimak.

Cara membuat tape singkong tentunya membutuhkan resep yang tepat. Karena melibatkan mikroba dan termasuk produk fermentasi, kebersihan saat pembuatan menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Jika tidak, akan ada kontaminan yang dapat membuat proses fermentasi tidak dapat berjalan dengan baik dan sempurna.

membuat tape singkong

Hasilnya, produk tape singkong kita pun tidak berhasil dibuat. Sebelum membuat tape singkong, tentunya kita harus menyiapkan alat dan bahan membuat tape singkong terlebih dahulu. Bagi Anda yang ingin membuat produk ini, Anda tidak perlu khawatir karena bahan dan alatnya dapat ditemukan dengan mudah di sekitar kita.

Kita mungkin memilikinya di rumah karena tidak memerlukan peralatan khusus. Nah, alat yang harus Anda persiapkan diantaranya adalah baskom atau toples besar untuk melakukan fermentasi. Tidak ada alat khusus lain yang perlu dipersiapkan lagi.

Adapun bahan yang harus Anda persiapkan tentunya adalah bahan baku utama yaitu singkong. Pilih singkong yang tidak berkayu agar hasilnya empuk sempurna. Bahan lain yang harus disiapkan adalah ragi untuk melangsungkan proses fermentasi.

Cara Membuat Tape Singkong Sendiri

Resep membuat tape singkong cukup mudah dan sederhana. Jika dilakukan dengan baik, Anda dapat membuat tape singkong manis dan empuk dan terfermentasi sempurna. Adapun langkah langkah membuat tape singkong tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Siapkan bahan yang diperlukan
  2. Bersihkan singkong dan kupas singkong dari kulitnya.
  3. Potong-potong singkong sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Semakin besar potongan makan wadah yang dibutuhkan akan semakin besar pula, sehingga potongan sebaiknya disesuaikan dengan wadah yang Anda miliki.
  4. Bersihkan kembali singkong yang sudah dipotong tadi.
  5. Kukus singkong sampai matang sempurna.
  6. Biarkan singkong dingin, kemudian tata singkong pada wadah yang sudah dialasi dengan menggunakan daun singkong pada bagian tepi dan dasarnya. Untuk fermentasi yang sudah disiapkan. Saat mengangkat dan meletakkan singkong, sebaiknya hindari sentuhan tangan langsung karena dapat membuat singkong terkontaminasi mikroba atau kotoran fisik dari tangan sehingga proses fermentasi menjadi terhambat.
  7. Susun lapisan pertama, kemudian taburi dengan ragi baru ditumpuk dengan lapisan singkong yang kedua, begitu seterusnya sampai wadah penuh.
  8. Tutup wadah dengan rapat dan biarkan singkong terfermentasi selama 2 hari atau 48 jam.
  9. Lakukan pengecekan untuk mengetahui apakah tape sudah jadi.

Ada banyak inovasi yang dapat dilakukan untuk membuat tape menjadi menarik seperti menciptakan cara membuat tape singkong aneka rasa yang dilakukan banyak pengusaha tape. Cara membuat tape singkong di atas adalah cara membuat tape singkong dengan rasa manis original, untuk membuat tape aneka rasa tentunya ada cara khusus yang perlu dilakukan seperti menambahkan perasa makanan atau menambahkan bahan alami tertentu. Tape singkong homemade dapat Anda jadikan camilan enak.

Add Comment